LAPORAN KEUANGAN

A. Pengertian Neraca, Laba Rugi dan Arus Kas 1. Neraca adalah Laporan Keuangan yang menunjukan status keuangan entitas bisnispada waktutertentu. Neraca juga disebut sebagai laporan posisi keuangan yang melaporkan aktiva, kewajiban, dan ekuitas pemegang saham perusahaanbisnins pada tanggal tertentu. 2. Laporan laba rugi adalah suatu laporan yang merupakan bagian dari laporan keuangan. Laporan laba rugi wajib disusun oleh suatu perusahaan, apalagi jika perusahaan yang go public maka hukumnya sangat wajib untuk membuat laporan laba rugi. Laporan ini juga memiliki manfaat serta kegunaan yang begitu besar untuk banyak pihak, pada dasarnya laporan laba rugi membantu para pemakai laporan keuangan untuk memprediksi arus kas masa depan dengan berbagai cara. 3. Laporan arus kas merupakan laporan keuangan yang berisi informasi aliran kas masuk dan aliran kas keluar dari suatu perusahaan selama periode tertentu. Informasi ini penyajiannya diklasifikasikan menurut jenis kegiatan yang menyebabkan terjadinya arus kas masuk dan kas keluar tersebut. Kegiatan perusahaan umumnya terdiri dari tiga jenis yaitu, kegiatan operasional, kegiatan investasi serta kegiatan keuangan. B. Ruang Lingkup Ruang lingkup dari ke tiga laporan keuangan di atas adalah mengolah sebuah laporan keuangan perusahaan agar dapat di pahami oleh seluruh pengguna informasi perusahaan tersebut baik internal maupun eksternal perusahaan. Maka dari ke tiga laporan di atas akan selalu di pakai dalam setiap pengolahan data keuangan sebuah perusahaan. C.PIHAK YANG BERKEPENTINGAN Stakeholders: Pihak yang berkepentingan terhadap informasi akuntasi perusahaan 1. Pihak Internal, Yaitu manajemen (stewardship): Memiliki kendali secara langsung terhadap sistem akuntansi dan dapat menentukan informasi apa yang dibutuhkan dan bagaimana informasi itu dilaporkan. 2. Pihak Eksternal: Pemegang saham/pemilik/investor, Kreditor, Masyarakat (untuk perusahaan yang sudah go publik) NERACA, LAPORAN LABA RUGI DAN ARUS KAS A. Neraca Merupakan suatu ketetapan di dalam pembukuan berpasangan (double entry accounting), setiap transaksi dicatat dengan seimbang antara jumlah debit dan kredit, yang merupakan salah satu pengecekan apakah seluruh transaksi telah dicatat secara betul atau tidak. Selanjutnya saldo dari setiap rekening yang ada dipindahkan ke trial balance. Langkah penyusunan trial balance : 1. Tetapkanlah saldo dari setiap rekening. 2. Jumlahkanlah saldo debit 3. Jumlahkanlah saldo kredit 4. Bandingkanlah perhitungan jumlah debit dengan jumlah kredit

Komentar

Postingan populer dari blog ini

contoh soal laporan keuangan

LATIHAN 3 SOFTSKILL

RESENSI TOPSY-TURVY LADY