PIUTANG WESEL DAN PROMISE



Piutang Promise
 Surat Promise ( Promissory Note ) adalah suatu janji tertulis perintah dari pihak debitur kepada pihak kreditur. untuk membayar sejumlah uang tertentu pada suatu saat tertentu dimasa yang akan datang. 


Surat promise juga dapat dipakai :
1.      Pada saat individu dan perusaan meminjam dana.
2.      Pada saat jumlah transaksi dan priode kredit melewati batas normal.
3.      Dalam penyelesaian piutang dagang.



Piutang Wesel
Wesel adalah surat janji tertulis ( instrumen kredit formal ) yang menyatakan bahwa debitur akan membayar sejumlah tertentu, tanpa syarat, di waktu yang akan datang. Kreditor yang memnerima wesel mengakuinya sebagai piutang wesel dan debitur yang membuat wesel mengakui sebagai utang wesel. 


Bunga merupakan beban atas penggunaan uang. Bunga yang dikeluarkan atas surat promes merupakan pendapatan bnga bagi pemegang wesel tagih (piutang wesel). Rumus untuk menghitung bunga dari piutang wesel berbunga adalah :


 

wesel dibedakan menjadi 2 :
 Wesel jangka panjang
·                     Wesel jangka pendek

1.      Pengakuan Piutang Wesel
Piutang wesel diklasifikasikan menjadi 2 bagian, yaitu ;
a.      Piutang wesel yang tingkat bungannya ditunjukkan
Piutang wesel yang disertai bunga yaitu wesel yang menyantumkan tingkat bunga tertentu secara spesifik. Jadi nilai tunai wesel saat dikeluarkan sama dengan nominalnya, maka piutang wesel dicatat sebesar nominal.

b.      Piutang wesel yang tingkat bunganya tidsk ditunjukkan
piutang wesel yang tidak disertai bunga yaitu wesel yang tidak mencantumkan tingkat bunga secara spesifik. Nilai tunai wesel tanpa bunga kurang dari nominal wesel. Nominal wesel termasuk di dalamnya bunga tertentu, namun tidak dicantumkan secara spesifik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

contoh soal laporan keuangan

LATIHAN 3 SOFTSKILL

RESENSI TOPSY-TURVY LADY