EKUITAS PEMEGANG SAHAM LABA DITAHAN

Akuntansi Untuk Deviden
Ekuitas adalah hak residual atas asset entitas setelah dikurangi semua kewajiban. Ekuitas juga dapat diartikan juga sebagai modal atau kekayaan perusahaan, yang terdiri dari selisih jumlah aktiva (asset) dikurangi dengan pasiva (kewajiban). Ekuitas dapat juga disebut sebagai kekayaan sendiri.

Deviden Tunai
Dalam praktek, deviden tunai adalah bentuk pembagian keuntungan yang paling sering dilakukan. Ada tiga hal penting yang membuat perusahaan dapat membayarkan deviden tunai, yaitu tersedianya laba ditahan, cukup uang kas, dan adanya tindakan resmi dari dewan komisaris.

Laba Ditahan ( Retained earning )
Laba ditahan adalah laba perusahaan perseroan yang tidak dibagikan kepada para pemegang saham. Laba tidak dibagi adalah akumulasi dari laba perseroan dari tahun- tahun yang lalu dan tidak dibagikan kepada para pemilik. Laba ditahan dimaksudkan sebagai modal tambahan perseroan terbatas, agar dapat berkembang dengan baik. Besarnya nilai laba ditahan yang akan ditinggalkan dari laba perseroan akan ditentukan dalam rapat umum pemegang saham. Pencatatan laba bersih perseroan berbeda dengan perusahaan perorangan dan persekutuan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

contoh soal laporan keuangan

LATIHAN 3 SOFTSKILL

RESENSI TOPSY-TURVY LADY