INVESTASI OBLIGASI



Klasifikasi investasi jangka panjang
Investasi jangka panjang (long term investment) adalah penanaman modal suatu perusahaan kepada perusahaan lain (umumnya berupa saham atau obligasi). Untuk jangka waktu lebih dari satu tahun.


Obligasi adalah surat tanda berutang yang dibuat secara tertulis oleh suatu perusahaan kepada pihak lain yang memberikan pinjaman.   



Disagio obligasi (Discount On Bond) adalah apabila tingkat bunga yang berlaku dipasar lebih tinggi bila dibandingkan dengan tingkat bunga obligasi, maka harga jual dari obligasi berlaku yang bersangkutan cenderung lebih murah dibandingkan dengan nilai nominalnya, dalam hal ini investee akan mengalami kerugian penjualan obligasi.
Agio obligasi (Premium On Bond) adalah apabila tingkat bunga dipasar lebih rendah bila dibandingkan dengan tingkat bunga obligasi, maka harga jual obligasi yang bersangkutan cenderung lebih tinggi dari harga nominalnya, dalam hal ini investasi akan mendapatkan yang bersangkutan dari penjualan obligasi. 


Jenis – Jenis Obligasi
1.      Obligasi khusus adalah obligasi yang dikeluarkan dapat jatuh tempo pada waktu yang bersamaan (disebut obligasi berjangka) atau dapat pula jatuh tempo secara berangsur – angsur sepanjang waktu (disebut obligasi serial).

2.      Obligasi hipotik yang dikeluarkan perseroan memberi hak kepada pemegang obligasi untuk mengambil aktiva tertentu jika perseroan yang mengeluarkan obligasi gagal untuk membayar bunga atau pokok pinjaman.

3.      Obligasi dengan jaminan bukan berarti lebih menimbulkan daya tarik bagi investor dibandingkan dengan obligasi tanpa jaminan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

contoh soal laporan keuangan

LATIHAN 3 SOFTSKILL

RESENSI TOPSY-TURVY LADY