Tugas Kewirausahaan Minggu 2
nama : Benazir uzairiah
npm : 42214127
kelas : 2da02
Sejarah Perusahaan PT Bakrie Telecom Tbk. (BTEL atau Perseroan)
SEKILAS PERUSAHAAN
PT Bakrie Telecom Tbk.
(BTEL atau Perseroan) adalah perusahaan layanan jaringan tetap lokal
tanpa kabel dengan mobilitas terbatas (Fixed Wireless Access -FWA)
berteknologi CDMA 2000 1x. Perseroan didirikan pada tahun 1993 dengan
nama PT Radio Telepon Indonesia (Ratelindo).Di tahun 2003, Perseroan
berganti nama menjadi PT Bakrie Telecom dan tercatat di Bursa Efek
Indonesia sejak Februari 2006 dengan kode BTEL. Pada tahun 2007,
Departemen Komunikasi dan Informatika mengeluarkan lisensi bagi BTEL
untuk bisa beroperasi secara nasional diikuti oleh lisensi untuk
menyelenggarakan layanan Sambungan Langsung Internasional (SLI).
Pada tahun 2010, BTEL
memulai transformasinya dari hanya fokus kepada layanan percakapan dan
SMS menjadi penyedia jasa data Broadband Wireless Access (BWA) dengan
menggunakan teknologi CDMA EVDO (Evolution Data Optimized). Layanan data
tersebut diharapkan dapat menjadi pendorong pertumbuhan Perseroan di
masa depan. Pada tahun yang sama, BTEL juga berubah dari suatu
perusahaan yang sebelumnya hanya mengutamakan pertumbuhan dan keuntungan
usaha menjadi suatu perusahaan yang sangat sadar dan peduli terhadap
pelestarian lingkungan.
BTEL dikenal karena produk dan layanannya yang inovatif, menarik dan senantiasa memimpin pasar melalui merek dagang esia.
Pada tahun 2012, BTEL
mengintegrasikan merek dagang Aha yang berada di bawah naungan
perusahaan Bakrie Connectivity (BCON) dan esia yang berada di bawah
lingkup BTEL guna mendukung optimalisasi layanan data. Bersatunya dua
merek dagang besar ini ditandai dengan peluncuran modem esia Max-D pada
1 Juni 2012. Disamping sejalan dengan strategi bisnis awal BTEL sebagai
budget operator, langkah ini juga merupakan jawaban Perseroan dalam
menghadapi tantangan persaingan industri telekomunikasi yang semakin
ketat.
Sampai akhir tahun 2012,
pelanggan esia telah mencapai 11,7 juta yang tersebar di 69 kota,
dengan dukungan 3.899 jaringan Base Transceiver Station (BTS).
Pelayanan kepada pelanggan diberikan melalui 2 Call Center, 40 gerai
esia serta lebih dari 9.000 dealer dan outlet penjualan di seluruh
Indonesia. Sesuai perkembangan teknologi, kini esia juga memberikan
pelayanan tambahan kepada pelanggan melalui surat elektronik dan situs
jejaring sosial.
VISI & MISI PERUSAHAAN
- Visi :
Memberikan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia dengan menyediakan konektivitas informasi.
- Misi :
Menyediakan konektivitas informasi yang berkualitas dengan harga terjangkau.
Sumber https://doniavira.wordpress.com/2013/10/10/profil-perusahaan-pt-bakrie-telecom-tbk-btel-atau-perseroan/
Komentar
Posting Komentar